Visi dan Misi
PROFIL 2020 |
ALAMAT JALAN R.A KARTINI NO. 15 DESA RAWANG KECAMATAN PARIAMAN TENGAH – KOTA PARIAMAN PROVINSI SUMATERA BARAT |
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami ucapkan kepada Allah SWT Ynag Maha Kuasa karena berkat dan karuniaNya Evaluasi Diri Sekolah(EDS) SMP Negeri 4 Kota Pariaman Tahun Pelajaran 2019/2020 selesai di susun. Penyusunan EDS SMP Negeri 4 Pariaman ini merupakan suatu upaya pemenuhan kebutuhan ketentuan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan dan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan . EDS adalah proses evaluasi diri sekolah yang bersifat internal yang melibarkan pemangku kepentingan untuk melihat kinerja sekolah berdasarkan SPM dan SNP yang hasilnya dipakai sebagai dasar penyusunan RKS dan sebagai masukan bagi perencanaan investasi pendidikan tingkat satuan pendidikan. EDS SMP Negeri 4 Tahun Pelajaran 2019/2020 merupakan penyempurnaan dari EDS 2019/2020 yang dilakukan oleh Tim Pengembangan Sekolah (TPS) SMP Negeri 4 dengan mengacu pada ketentuan yang sudah ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP) dan disempurnakan melalui lokakarya dengan melibatkan warga sekolah. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih dengan penghargaan kepada seluruh warga sekolah yang telah meluangkan waktu dan tenaganya untuk menyusun kurikulum ini. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan petunjuk terhadap segala upaya yang kita lakukan demi untuk peningkatan mutu pendidikan ditanah tercinta ini umumnya dan kota Pariaman khusunya. Mudah-mudahan semua usaha yang dilakukan dibalas oleh Allah SWT sebagai amal perbuatan yang saleh. Kami menyadari meskipun EDS 2019/ 2020 ini baru disempurnakan namun hasilnya juga belum sempurna sesuai dengan yang diinginkan. Penyempurnaan secara berkelanjutan akan terus dilaksanakan seiring dengan pemunuhan standar-standar lainnya, yaitu standar proses, standar pendidik dan tenaga pendidikan , standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan , standar pembiayaan dan standar penilaian pendidikan yang merupakan sumber acuan lainnya dalam penyusunan EDS. Untuk itu EDS tetap terbuka untuk kritik dan saran semua pihak untuk mencapai hasil maksimal dimasa yang akan datang.
Pariaman, Januari 2020
TIM TPS SMP Negeri 4 Pariaman
PROFIL MUTU SEKOLAH
- Nama Sekolah : SMP NEGERI 4 PARIAMAN
- No. Statistik Sekolah : 201080501019
- Tipe Sekolah : A/A1/A2/B/B1/B2/C/C1/C2
- Alamat Sekolah : Jln. RA Kartini No.15
: (Kecamatan) Pariaman Tengah
: (Kabupaten/Kota) Pariaman
: (Propinsi) Sumatera Barat
- Telepon/HP/Fax : (0752) 91723 / 08126738990
- email : smp4pariaman@yahoo.com
- website : www.smp4pariaman.com
- 7. Status Sekolah : Negeri
- 8. Nilai Akreditasi Sekolah : A
1. Visi SMP Negeri 4 Pariaman
“UNGGUL IMTAQ DAN IPTEK ,BERBUDAYA dan RAMAH LINGKUNGAN ”
Indikator Visi
- Unggul dalam keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME
- Unggul dalam pengembangan kurikulum yang mengacu 8 standar pendidikan
- Unggul dalam pencapaian kompetensi lulusan secara nasional
- Unggul dalam prestasi akademik dan non akademik
- Unggul dalam kejujuran, disiplin, peduli, santun, percaya diri dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial dan alam
- Unggul dalam pembelajaran dan pengembangan diri yang terintegrasi dengan pendidikan lingkungan hidup dan P4GN ( Pencegahan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba )
- Unggul dalam karakter warga sekolah yang berbudi pekerti luhur , bersih dari narkoba dan peduli terhadap kelestarian funngsi lingkungann
- Unggul dalam pelaksanaan pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif , Efektif dan menyenangkan
- Unggul dalam menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, asri dan nyaman untuk mencegah pencemaran dan kerusakan lingkungan
- MISI SMP Negeri 4 Pariaman
Untuk mewujudkan visi tersebut di atas, SMP Negeri 4 Pariaman merumuskan Misi sebagai berikut:
- Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME
- Mewujudkan pengembangan kurikulum yang mengacu 8 standar pendidikan
- Meningkatkan pencapaian kompetensi lulusan secara nasional
- Meningkatkan prestasi akademik dan non akademik
- Meningkatkan sikap kejujuran, disiplin, peduli, santun, percaya diri dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial dan alam
- Mewujudkan pembelajaran dan pengembangan diri yang terintegrasi dengan pendidikan lingkungan hidup dan P4GN ( Pencegahan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba )
- Mewujudkan karakter warga sekolah yang berbudi pekerti luhur , bersih dari narkoba dan peduli terhadap kelestarian funngsi lingkungann
- Mewujudkan pelaksanaan pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif , Efektif dan menyenangkan
- Mewujudkan kondisi lingkungan sekolah yang bersih, asri dan nyaman untuk mencegah pencemaran dan kerusakan lingkungan
- .
- Tujuan Satuan Pendidikan SMPN 4 Pariaman
Tujuan SMP Negeri 4 Pariaman merupakan jabaran dari visi dan misi sekolah agar komunikatif dan bisa diukur. Tujuan tersebut secara bertahap akan dimonitoring, dievaluasi, dan dikendalikan setiap kurun waktu tertentu, untuk mencapai visi yang ditandai oleh :pencapaian Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Sistem manajemen yang handal, Kompetensi tenaga edukatif dan administratif, Komitmen dan disiplin, dan pelayanan prima yang dapat diberikan serta berbudaya lingkungan.
Penjabarantujuan yang akan dicapai 1 tahun ke depan (2019/2020) adalah:
- Terlaksananya pengalaman pendidikan agama yang serasi dan toleran
- Terlaksananya pelayanan pembiasaan ibadah peserta didik melalui shalat zuhur
- Terlaksananya pelayanan pembiasaan pembacaan alqur’an peserta didik melalui pelaksanaan literasi sebelum proses belajar mengajar
- Terlaksananya pelayanan pembiasaan kultum oleh peserta didk setiap Jum’at
- Terwujudnya pencapaian Kompetensi Lulusan sesuai Standar NasionalPendidikan melalui:
- Terwujudnya kemampuan guru dalam teknik pengembangan indikator pencapaian kompetensi
- Terlaksananya pembelajaran oleh semua guru berbasis kompetensi
- Terlaksananya penyelenggaraan pendidikan yang melayani kebutuhan peserta didik, lingkungan, serta pengembangan potensi peserta didik secara optimal yang tertuang dalam pengembangan indikator kompetensi.
- Terlaksananya kurikulum 2013 yang kontekstual dan konstruktif.
- Terlaksananya Kegiatan Pembelajaran semua mata pelajaran yang diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang.
- Terlaksananya kegiatan pembelajaran semua mata pelajaran yang diselenggarakan dengan memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat,minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa.
- Terlaksananya perencanaan pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran serta penilaian proses maupun hasil pembelajaran, remedi, pengayaan, dan interaksi dengan orang tua, diarahkan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas ketercapaian kompetensi lulusan semua mata pelajaran
- Terlaksananya Pembelajaran yang menerapkan nilai-nilai dengan memberiketeladanan (ing ngarso sung tulodo), membangun kemauan (ingmadyo mangun karso), dan mengembangkan kreativitas siswa dalam
proses pembelajaran (tut wuri handayani).
- Terlaksananya pembelajaran dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran.
- Terlaksananya pembelajaran dalam Peningkatan keseimbangan, kesinambungan, dan keterkaitan antarahard-skills dan soft-skills.
- Terlaksananya Pembelajaran yang mengutamakan pembudayaan dan pemberdayaan siswa sebagai pembelajar sepanjang hayat.
- Terwujudnya prestasi kreatifitas siswa bidang akademik dan non akademik
a.Terlaksananya kegiatan ekstrakurikuler yang diselenggarakan dengan
mengembangkan potensi, bakat, minat, kemampuan,kepribadian,
kerjasama,dan kemandirian secara optimal.
5). Terwujudnya nilai-nilai karakter siswa berlandaskan budaya bangsa:
- Terlaksananya Penerapan pendidikan karakter pada pelaksanaan pembelajaran
dilaksanakan dengan menggunakan strategi pelayanan ramah anak dan pendekatan
kontektual oleh semua guru
6).Terwujudnya Lingkungan sekolah Asri, bersih, indah dan nyaman
a.Terlaksananya pembiasaan gerakan menjaga kebersihan kelas dan sekolah
- Terlaksananya pembiasaan semua warga sekolah memiliki kesadaran untuk melaksanakan tata tertib sekolah dengan baik
C. Tujuan SMP Negeri 4 Pariaman
Tujuan SMP Negeri 4 Pariaman merupakan jabaran dari visi dan misi sekolah agar komunikatif dan bisa diukur. Tujuan tersebut secara bertahap akan dimonitoring, dievaluasi, dan dikendalikan setiap kurun waktu tertentu, untuk mencapai visi yang ditandai oleh : pencapaian Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Sistem manajemen yang handal, Kompetensi tenaga edukatif dan administratif, Komitmen, disiplin, dan pelayanan prima yang dapat diberikan.
Untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan (SKL) SMP Negeri Pariaman yang dibakukan secara nasional, dalam jangka panjang tujuan sekolah dirumuskan sebagai berikut :
- Meyakini, memahami, dan menjalankan ajaran agama yang diyakini dalam kehidupan.
- Memahami dan menjalankan hak dan kewajiban untuk berkarya dan memanfaatkan lingkungan secara bertanggung jawab.
- Berpikir secara logis, kritis, kreatif, inovatif dalam memecahkan masalah, serta berkomunikasi melalui berbagai media.
- Menyenangi dan menghargai seni.
- Menjalankan pola hidup bersih, bugar, dan sehat.
- Berpartisipasi dalam kehidupan sebagai cerminan rasa cinta dan bangga terhadap bangsa dan tanah air.
Penjabarantujuan yang akan dicapai adalah :
- Memenuhi Standard Kompetensi Lulusan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan.
- Memenuhi Kurikulum 2013 yang kontekstual dan konstruktif .
- Memenuhi pengamalan pendidikan agama yang serasi dan toleran
- Memenuhi pelaksanakan rintisan pembelajaran dengan dwibahasa/bilingual (dengan bahsa Indonesia dan bahasa inggris) pada Mata pelajaran Matematika dan IPA
- Mencapai prestasi bidang keagamaan, kesenian (seni rupa, seni tari dan musik), olah raga, minat baca dan berdiskusi serta kreatifitas siswa
- Memenuhi suatu sistem yang memungkinkan terjadinya pengembangan prestasi, kompetensi dan kualifikasi guru yang berstandar nasional
- Memenuhi suatu sistem pendidikan dan pelatihan yang berdampak bagi pengembangan motivasi bekerja Guru ( achievement motivation training) untuk sekolah berstandar nasional
- Memenuhi sarana dan prasarana (fasilitas) pendidikan yang kontributif bagi pengembangan pendidikan dan pembelajaran yang berstandar nasional.
- Mencapai peningkatan mutu kelembagaan dan manajemen sehingga terbangun kemandirian sekolah dalam pelayanan administrsi, pencapaian SPM, serta efektifitas sistem monitoring, evaluasi dan supervisi
- Mengusahakan partisipasi masyarakat secara optimal hingga terpenuhinya standar pembiayaan dengan cara mengakses berbagai momentum untuk kepentingan sekolah
- Memenuhi standar penilain dengan standar nasional yang akurat, valid dan reliable
- Memenuhi suatu sistem penerimaan siswa baru yang kompetitif dalam menjaring raw in put yang berkualitas.
- Mengushakan tata kehidupan sekolah yang tertib dan disiplin
- Memenuhi pelayanan pendidikan dan bimbingan yang berbasis pada talenta (bakat) anak untuk menciptakan generasi yang mampu mandiri,
- Mengusahakan agar menjadi juara karya tulis ilmiah remaja tingkat Nasional
- Mengusahakan agar dapat diterbitkan Majalah sekolah dan peningkatan program perpustakaan agar dapat menjadi menjadi wahana efektif untuk kegiatan menulis dan berdiskusi bagi siswa
- Mengusahakan agar budaya minat baca telah mencapai minimal 25% dari jumlah siswa
- Memenuhi suatu sistem yang memungkinkinkan terjadinya pengembangan prestasi, kompetensi dan kualifikasi guru yang berstandar nasional
- Mengusahakan agar seluruh guru dan siswa telah mampu mengakses dan memberdayakan tekhnologi informasi dan komunikasi (ICT) sebagai media dan sumber belajar dikalangan guru maupun siswa .
- Memenuhi peningkatan mutu kelembagaan dan manajemen sehingga terbangun kemandirian sekolah dalam pelayanan administrsi, pencapaian SPM, serta efektifitas sistem monitoring, evaluasi dan supervisi
- Mengusahakan agar seluruh guru dan TU telah mampu mengembangkan tugasnya hingga lintas job.
- Mengusahakan agar SMP 4 Pariaman memiliki jaringan on line yang berbasis computer ( TI ) dalam pelayanan administrasi
- Mengusahakan meningkatnya Kompetensi Guru dan TU, mencapai standar pelayanan prima
- Memenuhi partisipasi masyarakat secara optimal hingga terpenuhinya standar pembiayaan dengan cara mengakses berbagai momentum untuk kepentingan sekolah
- Memberdayakan komite sekolah untuk melakukan terobosan sumber-sumber penyandang dana dalam rangka memajukan sekolah dan meningkatkan mutu pendidikan.
- Mengusahakan agar terjadi kerjasama yang sinergi antara sekolah dengan komite sekolah untuk memajukan sekolah dan meningkatkan mutu pendidikan dengan penggalangan partisipasi masyarakat baik badan ataupun perorangan sebagai penyandang dana
- Karakteristik Sekolah
- Rombongan Belajar dan Siswa
Tapel |
Jumlah Siswa |
Rasio Siswa |
||||||||||||||
Kelas VII |
Kelas VIII |
Kelas IX |
Jumlah |
Daya |
Pendaf |
|||||||||||
L |
P |
Romble |
L |
P |
Romble |
L |
P |
Romble |
L |
P |
J.Romble |
L |
P |
|||
2017/2018 |
110 |
110 |
7 |
|
90 |
105 |
7 |
107 |
87 |
7 |
307 |
302 |
21 |
|
|
|
2018/2019 |
113 |
74 |
6 |
|
110 |
110 |
7 |
90 |
105 |
7 |
313 |
289 |
20 |
|
|
|
2019/2020 |
62 |
54 |
4 |
|
113 |
74 |
6 |
110 |
110 |
7 |
285 |
238 |
17 |
|
|
|
2020/2021 |
83 |
59 |
5 |
|
62 |
54 |
4 |
94 |
69 |
6 |
239 |
182 |
15 |
|
|
|
- Pendidik dan Tenaga Kependidikan
- Kepala sekolah dan Wakol Kepala Sekolah
|
|
Nama |
Jenis Kela-min |
Usia |
Pend. Akhir |
Masa Kerja |
|
L |
P |
||||||
1. |
Kepala Sekolah |
DRS. M. SYAIFUL, MM |
√ |
54 |
S2 |
25 Th |
|
2.
|
Wakil Kepala Sekolah
|
- YONDRI, M.Pd - ISMARIHATI, S.Pd |
√
|
√
|
54 57 |
S2 S1 |
34 th 34 th
|
- Guru
- Kualifikasi Pendidikan, Status, Jenis Kelamin, dan Jumlah
No. |
Tingkat Pendidikan |
Jumlah dan Status Guru |
Jumlah |
|||
GTT/PNS |
GTT/Guru Bantu |
|||||
L |
P |
L |
P |
|||
1. |
S3/S2 |
2 |
- |
- |
‘- |
2 |
2. |
S1 |
8 |
27 |
- |
- |
35 |
3. |
D-4 |
- |
- |
- |
- |
- |
4. |
D3/Sarmud |
- |
- |
- |
- |
- |
5. |
D2 |
- |
1 |
- |
- |
1 |
6. |
D1 |
|
- |
- |
- |
- |
Jumlah |
10 |
29 |
- |
- |
39 |
- Jumlah guru dengan tugas mengajar sesuai dengan latar belakang pendidikan (keahlian)
No. |
Guru |
Jumlah guru dengan latar belakang pendidikan sesuai dengan tugas mengajar |
Jumlah guru dengan latar belakang pendidikan yang TIDAK sesuai dengan tugas mengajar |
Jumlah |
||||||
D1/D2 |
D3/ Sarmud |
S1/D4 |
S2/S3 |
D1/D2 |
D3/ Sarmud |
S1/D4 |
S2/S3 |
|||
1. |
IPA |
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
2. |
Matematika |
|
5 |
|
|
|
|
|
||
3. |
Bahasa Indonesia |
|
|
3 |
1 |
|
|
|
|
|
4. |
Bahasa Inggris |
1 |
4 |
|
|
|
|
|
||
5. |
Pendidikan Agama |
|
1 |
2 |
|
|
|
|
|
|
6. |
IPS |
|
|
4 |
1 |
|
|
|
|
|
7. |
Penjasorkes |
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
8. |
Seni Budaya |
|
0 |
|
|
|
|
|
||
9. |
PKn |
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
10. |
TIK |
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
11. |
BK |
|
|
3 |
|
|
|
1 |
|
|
12 |
Prakarya |
|
|
1 |
|
|
|
|
|
|
13 |
BAM |
|
|
1 |
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah |
1 |
34 |
2 |
|
|
1 |
|
- Pengembangan kompetensi/profesionalisme guru
No. |
Jenis Pengembangan Kompetensi |
Jumlah Guru yang telah mengikuti kegiatan pengembangan kompetensi/profesionalisme |
|||
Laki-laki |
- |
Perempuan |
Jumlah |
||
1. |
Penataran Kurikulum 2013 |
10 |
- |
30 |
40 |
3. |
Penataran Metode Pembelajaran (termasuk CTL) |
10 |
- |
30 |
40 |
4. |
Penataran PTK |
10 |
- |
30 |
40 |
5. |
Penataran Karya Tulis Ilmiah |
1 |
- |
4 |
5 |
6. |
Sertifikasi Profesi/Kompetensi |
8 |
- |
25 |
33 |
7. |
Penataran PTBK |
3 |
- |
3 |
6 |
8. |
Penataran lainnya: ESQ
|
1 |
- |
4 |
5 |
- Prestasi guru
No. |
Jenis lomba |
Perolehan kejuaraan 1 sampai 3 dalam 3 tahun terakhir |
|
Tingkat |
Jumlah Guru |
||
1. |
Lomba PTK |
Nasional |
|
Provinsi |
|||
Kab/Kota |
|||
2. |
Lomba Karya tulis Inovasi Pembelajaran |
Nasional |
|
Provinsi |
|||
Kab/Kota |
|
||
3. |
Lomba Guru Berprestasi |
Nasional |
1 |
Provinsi |
1 |
||
Kab/Kota |
1 |
- Tenaga Kependidikan: Tenaga Pendukung
No. |
Tenaga pendukung |
Jumlah tenaga pendukung dan kualifikasi pendidikannya |
Jumlah tenaga pendukung Berdasarkan Status dan Jenis Kelamin |
Jumlah |
||||||||
≤ SMP |
SMA |
D1 |
D2 |
D3 |
S1 |
PNS |
Honorer |
|||||
L |
P |
L |
P |
|||||||||
1. |
Tata Usaha |
|
|
|
|
1 |
4 |
|
2 |
|
3 |
5 |
2. |
Perpustakaan |
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
2 |
2 |
3. |
Laboran lab. IPA |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. |
Teknisi lab. Komputer |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5. |
Laboran lab. Bahasa |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6. |
PTD |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7. |
Kantin |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8. |
Penjaga Sekolah |
1 |
1 |
|
|
|
|
|
2 |
|
2 |
|
9. |
Tukang Kebun |
|
1 |
|
|
|
|
|
|
1 |
|
1 |
10. |
Keamanan |
|
1 |
|
|
|
|
|
|
1 |
|
1 |
11. |
Lainnya: ................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah |
1 |
3 |
|
1 |
|
6 |
2 |
4 |
5 |
11 |
- a) Data Ruang Belajar (Kelas)
Kondisi |
Jumlahdanukuran |
Jml. ruanglainnya ygdigunakanuntuk r. Kelas (e) |
Jumlah ruang yg digunakan u. R. Kelas (f)=(d+e) |
|||
Ukuran 7x9 m2 (a) |
Ukuran > 63m2 (b) |
Ukuran < 63 m2 (c) |
Jumlah (d) =(a+b+c) |
|||
Baik |
20 |
- |
- |
20 |
. |
20 |
Rskringan |
- |
- |
- |
|||
Rsksedang |
- |
- |
- |
|||
RskBerat |
- |
- |
- |
|||
Rsk Total |
- |
- |
- |
- |
Keterangan:
Baik |
Kerusakan < 15% |
Rusak ringan |
15% - <30% |
Rusak sedang |
30% - < 45% |
Rusak berat |
45% - 65% |
Rusak total |
>65% |
- b) Data Ruang Belajar Lainnya
Jenis Ruangan |
Jumlah (buah) |
Ukuran (pxl) |
Kondisi*) |
Jenis Ruangan |
Jumlah (buah) |
Ukuran (pxl) |
Kondisi*) |
1. Perpustakaan |
1 |
8 x 12 |
Baik |
6. Lab. Bahasa |
- |
|
|
2. Lab. IPA |
2 |
8 x 12 |
Rsk Rgn |
7. Lab. Komputer |
2 |
8 x 6 |
|
3. Ketrampilan |
|
|
|
8. PTD |
- |
|
|
4. Multimedia |
- |
|
|
9. Serbaguna/aula |
1 |
8 x 18 |
|
5. Kesenian |
|
|
|
10. …………… |
- |
|
|
- c) Data Ruang Kantor
Jenis Ruangan |
Jumlah (buah) |
Ukuran (pxl) |
Kondisi*) |
1. Kepala Sekolah |
1 |
7 x 4 |
Baik |
2. Wakil Kepala Sekolah |
- |
- |
- |
3. Guru |
1 |
14 x 8 |
Baik |
4. Tata Usaha |
1 |
6 x 8 |
Baik |
5. Tamu |
- |
- |
- |
Lainnya: ……………… |
- |
- |
- |
- d) Data Ruang Penunjang
Jenis Ruangan |
Jumlah (buah) |
Ukuran (pxl) |
Kondisi*) |
Jenis Ruangan |
Jumlah (buah) |
Ukuran (pxl) |
Kondisi*) |
1. Gudang |
1 |
7 x 9 |
Baik |
10. Ibadah |
1 |
6 x 7 |
Rusak Ringan |
2. Dapur |
- |
- |
- |
11. Ganti |
- |
- |
- |
3. Reproduksi |
- |
- |
- |
12. Koperasi |
1 |
3x 3 |
Baik |
4. KM/WC Guru |
3 |
3 x 1 ½ |
Baik |
13. Hall/lobi |
- |
- |
- |
5. KM/WC Siswa |
8 |
2 x 1.5 |
Baik |
14. Kantin |
1 |
5 x 4 |
Baik |
6. BK |
1 |
3 x 3 |
Baik |
15. Rumah Pompa/ Menara Air |
- |
- |
- |
7. UKS |
1 |
3 x 3 |
Baik |
16. Bangsal Kendaraan |
1 |
3 x 8 |
Baik |
8. PMR/Pramuka |
1 |
3 x 3 |
Baik |
17. Rumah Penjaga |
1 |
5 x 6 |
Rusak |
9. OSIS |
1 |
3 x 3 |
Baik |
18. Pos Jaga |
1 |
2 x 2 |
baik |
- Lapangan Olahraga dan Upacara
Lapangan |
Jumlah (buah) |
Ukuran (pxl) |
Kondisi*) |
Keterangan |
1. Lapangan Olahraga a. Bola Basket b. Takraw |
1 1 |
18 x 20 14 x 11
|
baik Rsk Ringan
|
|
2. Lapangan Upacara |
1 |
25 x 30 |
Baik |
|
- Kepemilikan Tanah : Pemerintah/yayasan/pribadi/menyewa/menumpang*)
Status Tanah : SHM/HGB/Hak Pakai/Akte Jual Beli/Hibah*)
Luas Lahan/Tanah : 8.275 m2
Luas Tanah Terbangun : 1.800 m2
Luas Tanah Siap Bangun : 600 m2
Luas Lantai Atas Siap Bangun : - m2
*) Coret yang tidak perlu
Lampirkan rencana tapak (site plan) sekolah skalatis (berskala) dengan ukuran kertas minimal A4.
- Perabot (furniture) utama
- Perabot ruang kelas (belajar)
No. |
Jumlah ruang kelas |
Perabot |
|||||||||||||||
Jumlah dan kondisi meja siswa |
Jumlah dan kondisi kursi siswa |
Almari + rak buku/alat |
Papan tulis |
||||||||||||||
Jml |
Baik |
Rsk. Ringan |
Rsk. Berat |
Jml |
Baik |
Rsk. Ringan |
Rsk. Berat |
Jml |
Baik |
Rsk. Ringan |
Rsk. Berat |
Jml |
Baik |
Rsk. Ringan |
Rsk. Berat |
||
|
17 |
631 |
306 |
171 |
154 |
698 |
323 |
202 |
173 |
4 |
|
2 |
2 |
19 |
5 |
13 |
1 |
- Perabot ruang belajar lainnya
No. |
Ruang |
Perabot |
|||||||||||||||
Meja |
Kursi |
Almari + rak buku/alat |
Lainnya |
||||||||||||||
Jml |
Baik |
Rsk. Ringan |
Rsk. Berat |
Jml |
Baik |
Rsk. Ringan |
Rsk. Berat |
Jml |
Baik |
Rsk. Ringan |
Rsk. Berat |
Jml |
Baik |
Rsk. Ringan |
Rsk. Berat |
||
1. |
Perpustakaan |
20 |
19 |
1 |
|
32 |
30 |
2 |
|
9 |
6 |
2 |
1 |
2 |
2 |
|
|
2. |
Lab. IPA |
30 |
17 |
8 |
5 |
80 |
52 |
15 |
13 |
6 |
2 |
3 |
1 |
|
|
|
|
3. |
Ketrampilan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. |
Multimedia |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5. |
Lab. bahasa |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6. |
Lab. komputer |
8 |
8 |
|
|
40 |
40 |
|
|
1 |
|
1 |
|
|
|
|
|
7. |
Serbaguna |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8. |
Kesenian |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9. |
PTD |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10. |
Lainnya: ........ |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- Perabot Ruang Kantor
No. |
Ruang |
Perabot |
|||||||||||||||||||||||||||||||
Meja |
Kursi |
Almari + rak buku/alat |
Lainnya |
||||||||||||||||||||||||||||||
Jml |
Baik |
Rsk. Ringan |
Rsk. Berat |
Jml |
Baik |
Rsk. Ringan |
Rsk. Berat |
Jml |
Baik |
Rsk. Ringan |
Rsk. Berat |
Jml |
Baik |
Rsk. Ringan |
Rsk. Berat |
||||||||||||||||||
1. |
Kepala Sekolah |
1 |
1 |
|
|
2 |
2 |
|
|
2 |
2 |
|
|
3 |
3 |
|
|
||||||||||||||||
2. |
Wk Kepala Sekolah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||||
No. |
Ruang |
Perabot |
|||||||||||||||||||||||||||||||
Meja |
Kursi |
Almari + rak buku/alat |
Lainnya |
||||||||||||||||||||||||||||||
Jml |
Baik |
Rsk. Ringan |
Rsk. Berat |
Jml |
Baik |
Rsk. Ringan |
Rsk. Berat |
Jml |
Baik |
Rsk. Ringan |
Rsk. Berat |
Jml |
Baik |
Rsk. Ringan |
Rsk. Berat |
||||||||||||||||||
3. |
Guru |
46 |
23 |
17 |
6 |
46 |
28 |
16 |
2 |
5 |
- |
3 |
2 |
|
|
|
|
||||||||||||||||
4. |
Tata Usaha |
7 |
7 |
|
7 |
7 |
|
8 |
7 |
1 |
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||
5. |
Tamu |
|
|
|
|
4 set |
1 set |
3 set |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||||
6. |
Lainnya: ….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||||
- Perabot Ruang Penunjang
No. |
Ruang |
Perabot |
|||||||||||||||
Meja |
Kursi |
Almari + rak buku/alat |
Lainnya |
||||||||||||||
Jml |
Baik |
Rsk. Ringan |
Rsk. Berat |
Jml |
Baik |
Rsk. Ringan |
Rsk. Berat |
Jml |
Baik |
Rsk. Ringan |
Rsk. Berat |
Jml |
Baik |
Rsk. Ringan |
Rsk. Berat |
||
1. |
BK |
2 |
1 |
1 |
|
4 |
4 |
|
|
2 |
1 |
1 |
|
|
|
|
|
2. |
UKS |
1 |
1 |
|
|
1 |
1 |
|
|
1 |
1 |
|
|
|
|
|
|
3. |
PMR/Pramuka |
1 |
1 |
|
|
2 |
2 |
|
|
1 |
1 |
|
|
|
|
|
|
4. |
OSIS |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5. |
Gudang |
|
|
|
|
|
|
|
|
1 |
|
|
1 |
|
|
|
|
6. |
Ibadah |
1 |
1 |
|
|
1 |
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7. |
Koperasi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8. |
Hall/lobi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9. |
Kantin |
5 |
3 |
2 |
|
20 |
18 |
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10. |
Pos jaga |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11. |
Reproduksi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12. |
Lainnya: ….. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- Koleksi Buku Perpustakaan
No. |
Jenis |
Jumlah |
Kondisi |
|
Rusak |
Baik |
|||
1. |
Buku siswa/pelajaran (semua mata pelajaran) |
6511 |
2245 |
4266 |
2. |
Buku bacaan (misalnya novel, buku ilmu pengetahuan dan teknologi, dsb.) |
456 |
352 |
104 |
No. |
Jenis |
Jumlah |
Kondisi |
|
Rusak |
Baik |
|||
3. |
Buku referensi (misalnya kamus, ensiklopedia, dsb.) |
132 |
27 |
125 |
5. |
Jurnal |
|
|
|
6. |
Majalah |
17 |
14 |
3 |
7. |
Surat kabar |
- |
|
|
8. |
Lainnya: .....................................
|
|
|
|
|
Total |
149 |
41 |
128 |
- Fasilitas Penunjang Perpustakaan
No. |
Jenis |
Jumlah / Ukuran/ Spesifikasi |
1. |
Komputer |
1(Pentium IV) |
2. |
Ruang baca |
1 |
4. |
TV |
1 / 29 INCH |
5. |
LCD |
- |
6. |
VCD/DVD player |
1 |
7. |
Printer HP Deskjet 3920
|
1 |
8. |
Kipas angin Merk Nasional |
1 |
- Alat/Bahan di Laboratorium/Ruang Keterampilan/Ruang Multimedia
No. |
Alat/bahan |
Jumlah, kualitas, dan kondisi alat/bahan*) |
||||||||||
Jumlah |
Kualitas |
Kondisi |
||||||||||
Kurang dari 25% dr keb. |
25%-50% dr keb. |
50%-75% dr keb. |
75%-100% dr keb. |
Kurang |
Cukup |
Baik |
Sangat baik |
Rusak berat |
Rusak ringan |
Baik |
||
1. |
Lab. IPA |
|
√ |
|
|
|
|
√ |
|
|
|
√ |
2. |
Lab. bahasa |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. |
Lab. komputer |
|
√ |
|
|
|
|
√ |
|
|
|
√ |
4. |
Ketrampilan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5. |
PTD |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6. |
Kesenian |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7. |
Multimedia |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kondisi Demografis
1). Jenis Pekerjaan Orang Tua
JENIS PEKERJAAN |
AYAH |
% |
IBU |
% |
TOTAL % |
PNS (Bukan Guru) |
20 |
3,4% |
7 |
1,20% |
4,6% |
PNS ( Guru) |
35 |
6% |
5 |
0,85% |
6,85% |
Guru (Non PNS) |
5 |
0,85% |
2 |
0,34% |
1,19% |
Pegawai Swasta |
142 |
24,39% |
30 |
5,15% |
29,54% |
Pedagang |
124 |
21,30% |
47 |
8,07% |
29,37% |
Petani |
58 |
9,96% |
58 |
9,9% |
19,86% |
Buruh |
186 |
32,04% |
55 |
9,45% |
41,49% |
TNI/ POLRI |
12 |
2,06% |
0 |
0% |
2,06% |
Rumah Tangga |
0 |
0% |
378 |
64,84% |
64,84 |
2). Penghasilan orangtua/wali (gabungan kedua orangtua) siswa
No. |
Penghasilan |
Prosentase |
1. |
Ø Rp.8.000.000 |
0% |
2. |
Antara Rp.5.000.000,- s.d. Rp.8.000.000,- |
0% |
3. |
Antara Rp.3.500.000,- s.d. Rp4.900.000,- |
15% |
4. |
Antara Rp.2.500.000,- s.d. Rp.3.400.000,- |
19% |
5. |
Antara Rp.1.500.000,- s.d. Rp.2.400.000,- |
26% |
6. |
< Rp.1.400.000,- |
40% |
3) Tingkat Pendidikan orangtua/wali (gabungan kedua orangtua) siswa
No. |
Pendidikan |
Prosentase |
1. |
S3 |
0% |
2. |
S2 |
1,5% |
3. |
S1 |
5,5% |
4. |
SLTA |
50% |
5. |
SLTP |
35% |
6. |
SD |
8% |
4) Tingkat kesejahteraan orangtua/wali siswa
No. |
Tingkat kesejahteraan |
Prosentase |
1 |
Pra sejahtera |
13% |
2 |
Sejahtera I |
42% |
3 |
Sejahtera II |
30% |
4 |
Purna sejahtera |
15% |
KUALITAS LAYANAN
- Penilaian Kualitas
No. |
Jenis |
Tahun |
||
2014 |
2015 |
2016 |
||
1 |
Persentase Kelulusan |
100% |
100% |
100% |
2 |
Rata-rata UN |
36,99 |
37,65 |
38,55 |
3 |
Rata-rata US |
37,45 |
32,17 |
32,98 |
4 |
Rata-rata KKM |
75 |
75 |
75 |
- Hasil Akreditasi
Standar` |
Rating |
|
1 |
Standar Isi |
88 |
2 |
Standar Proses |
86 |
3 |
Standar Kompetensi Lulusan |
83 |
4 |
Standar Ptk |
94 |
5 |
Standar Sarana Dan Prasarana |
95 |
6 |
Standar Pengelolaan |
94 |
7 |
Standar Pembiayaan |
95 |
8 |
Standar Penilaian |
84 |
|
Penilaian Akhir |
90(A) |