• SMP NEGERI 4 PARIAMAN
  • Where Tomorrow's Leaders Come Together

Profil Sekolah

PROFIL  2020

 

 

 

                                                                                                                                   

 

 

 

 

ALAMAT

JALAN R.A KARTINI NO. 15

DESA RAWANG

KECAMATAN PARIAMAN TENGAH – KOTA PARIAMAN

PROVINSI SUMATERA BARAT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami ucapkan kepada Allah SWT Ynag Maha Kuasa karena berkat dan karuniaNya Evaluasi Diri Sekolah(EDS) SMP Negeri 4 Kota Pariaman Tahun Pelajaran 2019/2020 selesai di susun. Penyusunan EDS SMP Negeri 4 Pariaman ini merupakan suatu upaya pemenuhan kebutuhan ketentuan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan dan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan . EDS adalah proses evaluasi diri sekolah yang bersifat internal yang melibarkan pemangku kepentingan untuk melihat kinerja sekolah berdasarkan SPM dan SNP yang hasilnya dipakai sebagai dasar penyusunan RKS dan sebagai masukan bagi perencanaan investasi pendidikan tingkat satuan pendidikan. EDS SMP Negeri 4 Tahun Pelajaran 2019/2020 merupakan penyempurnaan dari EDS 2019/2020 yang dilakukan oleh Tim Pengembangan Sekolah (TPS) SMP Negeri 4 dengan mengacu pada ketentuan yang sudah ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP) dan disempurnakan melalui lokakarya dengan melibatkan warga sekolah. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih dengan penghargaan kepada seluruh warga sekolah yang telah meluangkan waktu dan tenaganya untuk menyusun kurikulum ini. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan petunjuk terhadap segala upaya yang kita lakukan demi untuk peningkatan mutu pendidikan  ditanah tercinta ini umumnya dan kota Pariaman khusunya. Mudah-mudahan  semua usaha yang dilakukan dibalas oleh Allah SWT sebagai amal perbuatan yang saleh. Kami menyadari  meskipun EDS 2019/ 2020 ini baru disempurnakan namun hasilnya juga belum sempurna sesuai dengan yang diinginkan. Penyempurnaan secara berkelanjutan akan terus dilaksanakan seiring dengan pemunuhan standar-standar lainnya, yaitu standar proses, standar pendidik dan tenaga pendidikan , standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan , standar pembiayaan dan standar penilaian pendidikan yang merupakan sumber acuan lainnya dalam  penyusunan EDS. Untuk itu EDS tetap terbuka untuk kritik dan saran semua pihak untuk mencapai hasil maksimal dimasa yang akan datang.

 

                                                                                                Pariaman,   Januari 2020

                                                                                    TIM TPS SMP Negeri 4 Pariaman

 

PROFIL MUTU SEKOLAH

 

  1. Nama Sekolah :  SMP NEGERI 4 PARIAMAN
  2. No. Statistik Sekolah : 201080501019
  3. Tipe Sekolah :  A/A1/A2/B/B1/B2/C/C1/C2
  4. Alamat Sekolah : Jln. RA Kartini No.15

                                                      : (Kecamatan) Pariaman Tengah

                                                      :  (Kabupaten/Kota) Pariaman

                                                      :  (Propinsi) Sumatera Barat

  1. Telepon/HP/Fax :  (0752) 91723 / 08126738990
  2. email                                        : smp4pariaman@yahoo.com
  3. website :    www.smp4pariaman.com
  4. 7. Status Sekolah :  Negeri
  5. 8. Nilai Akreditasi Sekolah : A

 

1.        Visi SMP Negeri 4 Pariaman

“UNGGUL  IMTAQ DAN IPTEK ,BERBUDAYA dan RAMAH  LINGKUNGAN ”

                       

Indikator Visi

  • Unggul dalam keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME
  • Unggul dalam pengembangan kurikulum yang mengacu 8 standar pendidikan
  • Unggul dalam pencapaian kompetensi lulusan secara nasional
  • Unggul dalam prestasi akademik dan non akademik
  • Unggul dalam kejujuran, disiplin, peduli, santun, percaya diri dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial dan alam
  • Unggul dalam pembelajaran dan pengembangan diri yang terintegrasi dengan pendidikan lingkungan hidup dan P4GN ( Pencegahan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba )
  • Unggul dalam karakter warga sekolah yang berbudi pekerti luhur , bersih dari narkoba dan peduli terhadap kelestarian funngsi lingkungann
  • Unggul dalam pelaksanaan pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif , Efektif dan menyenangkan
  • Unggul dalam menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, asri dan nyaman untuk mencegah pencemaran dan kerusakan lingkungan

 

  1. MISI SMP Negeri 4 Pariaman

Untuk mewujudkan visi tersebut di atas, SMP Negeri 4 Pariaman merumuskan Misi sebagai berikut:

 

  1. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME
  2. Mewujudkan pengembangan kurikulum yang mengacu 8 standar pendidikan
  3. Meningkatkan pencapaian kompetensi lulusan secara nasional
  4. Meningkatkan prestasi akademik dan non akademik
  5. Meningkatkan sikap kejujuran, disiplin, peduli, santun, percaya diri dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial dan alam
  6. Mewujudkan pembelajaran dan pengembangan diri yang  terintegrasi dengan pendidikan lingkungan hidup dan P4GN ( Pencegahan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba )
  7. Mewujudkan karakter warga sekolah yang berbudi pekerti luhur , bersih dari narkoba dan peduli terhadap kelestarian funngsi lingkungann
  8. Mewujudkan pelaksanaan pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif , Efektif dan menyenangkan
  9. Mewujudkan kondisi lingkungan sekolah yang bersih, asri dan nyaman untuk mencegah pencemaran dan kerusakan lingkungan
  10. .

 

  1. Tujuan Satuan Pendidikan SMPN 4 Pariaman

Tujuan SMP Negeri 4 Pariaman merupakan jabaran dari visi dan misi sekolah agar komunikatif dan bisa diukur. Tujuan tersebut secara bertahap akan dimonitoring, dievaluasi, dan dikendalikan setiap kurun waktu tertentu, untuk mencapai visi yang ditandai oleh :pencapaian Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Sistem manajemen yang handal,  Kompetensi tenaga edukatif dan administratif, Komitmen dan disiplin, dan pelayanan prima yang dapat diberikan serta berbudaya lingkungan.

Penjabarantujuan yang akan dicapai 1 tahun ke depan (2019/2020) adalah:

  1. Terlaksananya pengalaman pendidikan agama yang serasi dan toleran
    1. Terlaksananya pelayanan pembiasaan ibadah peserta didik melalui shalat zuhur
    2. Terlaksananya pelayanan pembiasaan pembacaan alqur’an peserta didik melalui pelaksanaan literasi sebelum proses belajar mengajar
    3. Terlaksananya pelayanan pembiasaan kultum oleh peserta didk setiap Jum’at
  2. Terwujudnya pencapaian  Kompetensi Lulusan sesuai Standar NasionalPendidikan melalui:
  3. Terwujudnya kemampuan guru dalam teknik pengembangan indikator pencapaian kompetensi
  4. Terlaksananya pembelajaran oleh semua guru berbasis kompetensi
  5. Terlaksananya penyelenggaraan pendidikan yang melayani kebutuhan peserta didik, lingkungan, serta pengembangan potensi peserta didik secara optimal yang tertuang dalam pengembangan indikator kompetensi.
  6. Terlaksananya kurikulum 2013 yang kontekstual dan konstruktif.
  7. Terlaksananya Kegiatan Pembelajaran semua mata pelajaran yang diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang.
  8. Terlaksananya kegiatan pembelajaran semua mata pelajaran yang diselenggarakan dengan memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat,minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa.
  9. Terlaksananya perencanaan pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran serta penilaian proses maupun hasil pembelajaran, remedi, pengayaan, dan interaksi dengan orang tua, diarahkan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas ketercapaian kompetensi lulusan semua mata pelajaran
  10. Terlaksananya Pembelajaran yang menerapkan nilai-nilai dengan memberiketeladanan (ing ngarso sung tulodo), membangun kemauan (ingmadyo mangun karso), dan mengembangkan kreativitas siswa dalam

proses pembelajaran (tut wuri handayani).

  1. Terlaksananya pembelajaran dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran.
  2. Terlaksananya pembelajaran dalam Peningkatan keseimbangan, kesinambungan, dan keterkaitan antarahard-skills dan soft-skills.
  3. Terlaksananya Pembelajaran yang mengutamakan pembudayaan dan pemberdayaan siswa sebagai pembelajar sepanjang hayat.
  4. Terwujudnya prestasi kreatifitas siswa bidang akademik dan non akademik

a.Terlaksananya kegiatan ekstrakurikuler yang diselenggarakan dengan 

    mengembangkan potensi, bakat, minat, kemampuan,kepribadian,

    kerjasama,dan kemandirian secara optimal.

   5). Terwujudnya nilai-nilai karakter siswa berlandaskan budaya bangsa:

  1. Terlaksananya Penerapan pendidikan karakter pada pelaksanaan pembelajaran

     dilaksanakan dengan menggunakan strategi pelayanan ramah anak dan pendekatan

     kontektual oleh semua guru

6).Terwujudnya Lingkungan sekolah Asri, bersih, indah dan nyaman

a.Terlaksananya pembiasaan gerakan menjaga kebersihan kelas dan sekolah

  1. Terlaksananya pembiasaan semua warga sekolah memiliki kesadaran untuk melaksanakan tata tertib sekolah dengan baik
C. Tujuan SMP Negeri 4 Pariaman

Tujuan SMP Negeri 4 Pariaman merupakan jabaran dari visi dan misi sekolah agar komunikatif dan bisa diukur. Tujuan tersebut secara bertahap akan dimonitoring, dievaluasi, dan dikendalikan setiap kurun waktu tertentu, untuk mencapai visi yang ditandai oleh : pencapaian Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Sistem manajemen yang handal,  Kompetensi tenaga edukatif dan administratif, Komitmen, disiplin, dan pelayanan prima yang dapat diberikan.

Untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan (SKL) SMP Negeri Pariaman yang dibakukan secara nasional, dalam jangka panjang tujuan sekolah dirumuskan sebagai berikut :

  1. Meyakini, memahami, dan menjalankan ajaran agama yang diyakini dalam kehidupan.
  2. Memahami dan menjalankan hak dan kewajiban untuk berkarya dan memanfaatkan lingkungan secara bertanggung jawab.
  3. Berpikir secara logis, kritis, kreatif, inovatif dalam memecahkan masalah, serta berkomunikasi melalui berbagai media.
  4. Menyenangi dan menghargai seni.
  5. Menjalankan pola hidup bersih, bugar, dan sehat.
  6. Berpartisipasi dalam kehidupan sebagai cerminan rasa cinta dan bangga terhadap bangsa dan tanah air.

 

Penjabarantujuan yang akan dicapai adalah :

  1. Memenuhi Standard Kompetensi Lulusan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan.
  2. Memenuhi Kurikulum 2013 yang kontekstual dan konstruktif .
  3. Memenuhi pengamalan pendidikan agama yang serasi dan toleran
  4. Memenuhi pelaksanakan rintisan pembelajaran dengan  dwibahasa/bilingual  (dengan  bahsa Indonesia dan bahasa inggris) pada Mata pelajaran Matematika dan IPA   
  5. Mencapai prestasi bidang keagamaan,  kesenian (seni rupa, seni tari dan musik), olah raga, minat baca dan berdiskusi serta kreatifitas siswa
  6. Memenuhi suatu sistem yang memungkinkan terjadinya pengembangan prestasi, kompetensi dan kualifikasi guru yang berstandar nasional
  7. Memenuhi suatu sistem  pendidikan dan pelatihan yang berdampak bagi pengembangan motivasi bekerja Guru ( achievement motivation training)  untuk sekolah berstandar nasional
  8. Memenuhi sarana dan prasarana (fasilitas) pendidikan yang kontributif bagi pengembangan pendidikan dan pembelajaran yang berstandar nasional.
  9. Mencapai peningkatan mutu kelembagaan dan manajemen sehingga terbangun kemandirian sekolah dalam pelayanan administrsi, pencapaian SPM, serta efektifitas sistem monitoring, evaluasi dan supervisi
  10. Mengusahakan partisipasi masyarakat secara optimal hingga terpenuhinya standar pembiayaan dengan cara mengakses berbagai momentum untuk kepentingan sekolah
  11. Memenuhi standar penilain dengan standar nasional  yang akurat, valid dan reliable
  12. Memenuhi suatu sistem penerimaan siswa baru yang  kompetitif dalam menjaring raw in put yang berkualitas.
  13. Mengushakan  tata kehidupan sekolah yang tertib dan disiplin
  14. Memenuhi pelayanan pendidikan dan bimbingan yang berbasis pada talenta (bakat) anak untuk menciptakan generasi yang mampu mandiri,
  15. Mengusahakan agar menjadi juara karya tulis ilmiah remaja tingkat Nasional
  16. Mengusahakan agar dapat diterbitkan Majalah sekolah dan peningkatan program perpustakaan agar dapat menjadi menjadi wahana efektif untuk kegiatan menulis dan berdiskusi bagi siswa
  17. Mengusahakan agar budaya minat baca telah mencapai minimal 25% dari jumlah siswa
  18. Memenuhi suatu sistem yang memungkinkinkan terjadinya pengembangan prestasi, kompetensi dan kualifikasi guru yang berstandar nasional
  19. Mengusahakan agar seluruh guru dan siswa telah mampu mengakses dan memberdayakan tekhnologi informasi dan komunikasi (ICT) sebagai media dan sumber belajar dikalangan guru maupun siswa .
  20. Memenuhi peningkatan mutu kelembagaan dan manajemen sehingga terbangun kemandirian sekolah dalam pelayanan administrsi, pencapaian SPM, serta efektifitas sistem monitoring, evaluasi dan supervisi
  21. Mengusahakan agar seluruh guru dan TU telah mampu mengembangkan tugasnya hingga lintas job.
  22. Mengusahakan agar SMP 4 Pariaman memiliki jaringan on line yang berbasis computer ( TI ) dalam pelayanan administrasi
  23. Mengusahakan meningkatnya Kompetensi Guru dan TU, mencapai standar pelayanan prima
  24. Memenuhi partisipasi masyarakat secara optimal hingga terpenuhinya standar pembiayaan dengan cara mengakses berbagai momentum untuk kepentingan sekolah
  25. Memberdayakan komite sekolah untuk melakukan terobosan sumber-sumber penyandang dana dalam rangka memajukan sekolah dan meningkatkan mutu pendidikan.
  26. Mengusahakan agar terjadi kerjasama yang sinergi antara sekolah dengan komite sekolah   untuk memajukan sekolah dan meningkatkan mutu pendidikan dengan penggalangan partisipasi masyarakat baik badan ataupun perorangan sebagai  penyandang dana
  1. Karakteristik Sekolah
    1. Rombongan Belajar dan Siswa

Tapel

Jumlah Siswa

Rasio Siswa

Kelas VII

Kelas VIII

Kelas IX

Jumlah

Daya
Tamp

Pendaf

L

P

Romble

L

P

Romble

L

P

Romble

L

P

J.Romble

L

P

2017/2018

110

110

7

 

90

105

7

107

87

7

307

302

21

 

 

 

2018/2019

113

74

6

 

110

110

7

90

105

7

313

289

20

 

 

 

2019/2020

62

54

4

 

113

74

6

110

110

7

285

238

17

 

 

 

2020/2021

83

59

5

 

62

54

4

94

69

6

239

182

15

 

 

 

 

  1. Pendidik dan Tenaga Kependidikan
  1. Kepala sekolah dan Wakol Kepala Sekolah

 

 

Nama

Jenis Kela-min

Usia

Pend. Akhir

Masa Kerja

L

P

1.

Kepala Sekolah

DRS. M. SYAIFUL, MM

 

54

S2

25 Th

2.

 

Wakil Kepala Sekolah

 

- YONDRI, M.Pd

-  ISMARIHATI, S.Pd

 

 

 

 

 

 

 

54

57

S2

S1

34 th

34 th

 

 

 

 

 

  1. Guru
  2. Kualifikasi Pendidikan, Status, Jenis Kelamin, dan Jumlah

No.

Tingkat Pendidikan

Jumlah dan Status Guru

Jumlah

GTT/PNS

GTT/Guru Bantu

L

P

L

P

1.

S3/S2

2

-

-

‘-

2

2.

S1

8

27

-

-

35

3.

D-4

-

-

-

-

-

4.

D3/Sarmud

-

-

-

-

-

5.

D2

-

1

-

-

1

6.

D1

 

-

-

-

-

Jumlah

10

29

-

-

39

  1. Jumlah guru dengan tugas mengajar sesuai dengan latar belakang pendidikan (keahlian)

No.

Guru

Jumlah guru dengan latar belakang pendidikan sesuai dengan tugas mengajar

Jumlah guru dengan latar belakang pendidikan yang TIDAK sesuai dengan tugas mengajar

Jumlah

D1/D2

D3/

Sarmud

S1/D4

S2/S3

D1/D2

D3/

Sarmud

S1/D4

S2/S3

1.

IPA

 

 

3

 

 

 

 

 

 

2.

Matematika

 

 

5

 

 

 

 

 

 

3.

Bahasa Indonesia

 

 

3

1

 

 

 

 

 

4.

Bahasa Inggris

1

 

4

 

 

 

 

 

 

5.

Pendidikan Agama

 

1

2

 

 

 

 

 

 

6.

IPS

 

 

4

1

 

 

 

 

 

7.

Penjasorkes

 

 

2

 

 

 

 

 

 

8.

Seni Budaya

 

 

0

 

 

 

 

 

 

9.

PKn

 

 

2

 

 

 

 

 

 

10.

TIK

 

 

3

 

 

 

 

 

 

11.

BK

 

 

3

 

 

 

1

 

 

12

Prakarya

 

 

1

 

 

 

 

 

 

13

BAM

 

 

1

 

 

 

 

 

 

 

Jumlah

1

 

34

2

 

 

1

 

 

 

  1. Pengembangan kompetensi/profesionalisme guru

No.

Jenis Pengembangan Kompetensi

Jumlah Guru yang telah mengikuti kegiatan pengembangan kompetensi/profesionalisme

Laki-laki

-

Perempuan

Jumlah

1.

Penataran Kurikulum 2013

10

-

30

40

3.

Penataran Metode Pembelajaran (termasuk CTL)

10

-

30

40

4.

Penataran PTK

10

-

30

40

5.

Penataran Karya Tulis Ilmiah

1

-

4

5

6.

Sertifikasi Profesi/Kompetensi

8

-

25

33

7.

Penataran PTBK

3

-

3

6

8.

Penataran lainnya: ESQ

 

1

-

4

5

 

  1. Prestasi guru

No.

Jenis lomba

Perolehan kejuaraan 1 sampai 3 dalam 3 tahun terakhir

Tingkat

Jumlah Guru

1.

Lomba PTK

Nasional

 

Provinsi

 

Kab/Kota

 

2.

Lomba Karya tulis Inovasi Pembelajaran

Nasional

 

Provinsi

 

Kab/Kota

 

3.

Lomba Guru Berprestasi

Nasional

1

Provinsi

1

Kab/Kota

1

 

  1. Tenaga Kependidikan: Tenaga Pendukung

No.

Tenaga pendukung

Jumlah tenaga pendukung dan kualifikasi pendidikannya

Jumlah tenaga pendukung Berdasarkan Status dan Jenis Kelamin

Jumlah

≤ SMP

SMA

D1

D2

D3

S1

PNS

Honorer

L

P

L

P

1.

Tata Usaha

 

 

 

 

1

4

 

2

 

3

5

2.

Perpustakaan

 

 

 

 

 

2

 

 

 

2

2

3.

Laboran lab. IPA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.

Teknisi lab. Komputer

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.

Laboran lab. Bahasa

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6.

PTD

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7.

Kantin

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8.

Penjaga Sekolah

1

1

 

 

 

 

 

 

2

 

2

9.

Tukang Kebun

 

1

 

 

 

 

 

 

1

 

1

10.

Keamanan

 

1

 

 

 

 

 

 

1

 

1

11.

Lainnya: ...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jumlah

1

3

 

1

 

6

 

2

4

5

11

 

  1. a) Data Ruang Belajar (Kelas)                                                

Kondisi

Jumlahdanukuran

Jml. ruanglainnya

ygdigunakanuntuk r. Kelas

(e)

Jumlah ruang yg digunakan u. R. Kelas

(f)=(d+e)

Ukuran

7x9 m2  (a)

Ukuran

> 63m2 (b)

Ukuran

< 63 m2 (c)

Jumlah (d) =(a+b+c)

Baik

20

-

-

20

.

20

Rskringan

-

-

-

 

Rsksedang

-

-

-

 

RskBerat

-

-

-

 

Rsk Total

-

-

-

-

 

Keterangan:

Baik

Kerusakan < 15%

Rusak ringan

15% - <30%

Rusak sedang

30% - < 45%

Rusak berat

45% - 65%

Rusak total

>65%

 

 

 

 

  1. b) Data Ruang Belajar Lainnya

Jenis Ruangan

Jumlah (buah)

Ukuran (pxl)

Kondisi*)

Jenis Ruangan

Jumlah (buah)

Ukuran (pxl)

Kondisi*)

1. Perpustakaan

1

8 x 12

Baik

6. Lab. Bahasa

-

 

 

2. Lab. IPA

2

8 x 12

Rsk Rgn

7. Lab. Komputer

2

8 x 6

 

3. Ketrampilan

 

 

 

8. PTD

-

 

 

4. Multimedia

-

 

 

9. Serbaguna/aula

1

8 x 18

 

5. Kesenian

 

 

 

10. ……………

-

 

 

       

  1. c) Data Ruang Kantor

Jenis Ruangan

Jumlah (buah)

Ukuran (pxl)

Kondisi*)

1. Kepala Sekolah

1

7 x 4

Baik

2. Wakil Kepala Sekolah

-

-

-

3. Guru

1

14 x 8

Baik

4. Tata Usaha

1

6 x 8

Baik

5. Tamu

-

-

-

Lainnya: ………………

-

-

-

 

  1. d) Data Ruang Penunjang

Jenis Ruangan

Jumlah (buah)

Ukuran (pxl)

Kondisi*)

Jenis Ruangan

Jumlah (buah)

Ukuran (pxl)

Kondisi*)

1. Gudang

1

7 x 9

Baik

10. Ibadah

1

6 x 7

Rusak Ringan

2. Dapur

-

-

-

11. Ganti

-

-

-

3. Reproduksi

-

-

-

12. Koperasi

1

3x 3

Baik

4. KM/WC Guru

3

3 x 1 ½

   Baik

13. Hall/lobi

-

-

-

5. KM/WC Siswa

8

2 x 1.5

Baik

14. Kantin

1

5 x 4

Baik

6. BK

1

3 x 3

Baik

15. Rumah Pompa/ Menara  Air

-

-

-

7. UKS

1

3 x 3

Baik

16. Bangsal Kendaraan

1

3 x 8

Baik

8. PMR/Pramuka

1

3 x 3

Baik

17. Rumah Penjaga

1

5 x 6

Rusak

9. OSIS

1

3 x 3

Baik

18. Pos Jaga

1

2 x 2

baik

 

  1. Lapangan Olahraga dan Upacara

        Lapangan

Jumlah (buah)

Ukuran (pxl)

Kondisi*)

Keterangan

1. Lapangan Olahraga

    a.  Bola Basket

b. Takraw

 

1

1

 

18 x 20

14 x 11

 

 

baik

Rsk Ringan

 

 

2. Lapangan Upacara

1

25 x 30

Baik

 

       

  1. Kepemilikan Tanah :   Pemerintah/yayasan/pribadi/menyewa/menumpang*)

        Status Tanah                                         :   SHM/HGB/Hak Pakai/Akte Jual Beli/Hibah*)

        Luas Lahan/Tanah                              :   8.275  m2

            Luas Tanah Terbangun                      :   1.800 m2

        Luas Tanah Siap Bangun                   :   600 m2

        Luas Lantai Atas Siap Bangun          :     -   m2

        *) Coret yang tidak perlu

Lampirkan rencana tapak (site plan) sekolah skalatis (berskala) dengan ukuran kertas minimal A4.

 

 

 

  1. Perabot (furniture) utama
  2. Perabot ruang kelas (belajar)

No.

Jumlah ruang kelas

Perabot

Jumlah dan kondisi meja siswa

Jumlah dan kondisi kursi siswa

Almari + rak buku/alat

Papan tulis

Jml

Baik

Rsk.

Ringan

Rsk.

Berat

Jml

Baik

Rsk.

Ringan

Rsk.

Berat

Jml

Baik

Rsk.

Ringan

Rsk.

Berat

Jml

Baik

Rsk.

Ringan

Rsk.

Berat

 

17

631

306

171

154

698

323

202

173

4

 

2

2

19

5

13

1

 

  1. Perabot ruang belajar lainnya

No.

Ruang

Perabot

Meja

Kursi

Almari + rak buku/alat

Lainnya

Jml

Baik

Rsk.

Ringan

Rsk.

Berat

Jml

Baik

Rsk.

Ringan

Rsk.

Berat

Jml

Baik

Rsk.

Ringan

Rsk.

Berat

Jml

Baik

Rsk.

Ringan

Rsk.

Berat

1.   

Perpustakaan

20

19

1

 

32

30

2

 

9

6

2

1

2

2

 

 

2.  

Lab. IPA

30

17

8

5

80

52

15

13

6

2

3

1

 

 

 

 

3.  

Ketrampilan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.  

Multimedia

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.  

Lab. bahasa

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6.  

Lab. komputer

8

8

 

 

40

40

 

 

1

 

1

 

 

 

 

 

7.  

Serbaguna

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8.  

Kesenian

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

9.  

PTD

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10.   

Lainnya: ........

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Perabot Ruang Kantor

No.

Ruang

Perabot

Meja

Kursi

Almari + rak buku/alat

Lainnya

Jml

Baik

Rsk.

Ringan

Rsk.

Berat

Jml

Baik

Rsk.

Ringan

Rsk.

Berat

Jml

Baik

Rsk.

Ringan

Rsk.

Berat

Jml

Baik

Rsk.

Ringan

Rsk.

Berat

1.   

Kepala Sekolah

1

1

 

 

  2

2

 

 

2

2

 

 

3

3

 

 

2.  

Wk Kepala Sekolah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

No.

Ruang

Perabot

Meja

Kursi

Almari + rak buku/alat

Lainnya

Jml

Baik

Rsk.

Ringan

Rsk.

Berat

Jml

Baik

Rsk.

Ringan

Rsk.

Berat

Jml

Baik

Rsk.

Ringan

Rsk.

Berat

Jml

Baik

Rsk.

Ringan

Rsk.

Berat

3.  

Guru

46

23

17

6

46

28

16

2

5

-

3

2

 

 

 

 

4.  

Tata Usaha

7

7

 

 

7

7

 

 

8

7

1

 

 

 

 

 

5.  

Tamu

 

 

 

 

4 set

1 set

3 set

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6.  

Lainnya: …..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                                                                   

       

  1. Perabot Ruang Penunjang

No.

Ruang

Perabot

Meja

Kursi

Almari + rak buku/alat

Lainnya

Jml

Baik

Rsk.

Ringan

Rsk.

Berat

Jml

Baik

Rsk.

Ringan

Rsk.

Berat

Jml

Baik

Rsk.

Ringan

Rsk.

Berat

Jml

Baik

Rsk.

Ringan

Rsk.

Berat

1.   

BK

2

1

1

 

4

4

 

 

2

1

1

 

 

 

 

 

2.  

UKS

1

1

 

 

1

1

 

 

1

1

 

 

 

 

 

 

3.  

PMR/Pramuka

1

1

 

 

2

2

 

 

1

1

 

 

 

 

 

 

4.  

OSIS

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.  

Gudang

 

 

 

 

 

 

 

 

1

 

 

1

 

 

 

 

6.  

Ibadah

1

1

 

 

1

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7.  

Koperasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8.  

Hall/lobi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

9.  

Kantin

5

3

2

 

20

18

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10.   

Pos jaga

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

11. 

Reproduksi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

12.    

Lainnya: …..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Koleksi Buku Perpustakaan

No.

Jenis

Jumlah

Kondisi

Rusak

Baik

1.

Buku siswa/pelajaran (semua mata pelajaran)

6511

2245

4266

2.

Buku bacaan (misalnya novel, buku ilmu pengetahuan dan teknologi, dsb.)

456

352

 

104

 

No.

Jenis

Jumlah

Kondisi

Rusak

Baik

3.

Buku referensi (misalnya kamus, ensiklopedia, dsb.)

132

27

125

5.

Jurnal

 

 

 

6.

Majalah

  17

14

   3

7.

Surat kabar

-

 

 

8.

Lainnya: .....................................

 

 

 

 

 

Total

149

41

128

 

  1. Fasilitas Penunjang Perpustakaan

No.

Jenis

Jumlah / Ukuran/ Spesifikasi

1.

Komputer

1(Pentium IV)

2.

Ruang baca

1

4.

TV

1 / 29 INCH

5.

LCD

-

6.

VCD/DVD player

1

7.

Printer HP Deskjet 3920

 

1

8.

Kipas angin Merk Nasional

1

 

  1. Alat/Bahan di Laboratorium/Ruang Keterampilan/Ruang Multimedia

No.

Alat/bahan

Jumlah, kualitas, dan kondisi alat/bahan*)

Jumlah

Kualitas

Kondisi

Kurang dari 25% dr keb.

25%-50% dr keb.

50%-75% dr keb.

75%-100% dr keb.

Kurang

Cukup

Baik

Sangat baik

Rusak berat

Rusak ringan

Baik

1.   

Lab. IPA

 

 

 

 

 

 

 

 

2.  

Lab. bahasa

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.  

Lab. komputer

 

 

 

 

 

 

 

 

4.  

Ketrampilan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.  

PTD

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6.  

Kesenian

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7.  

Multimedia

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kondisi Demografis

1). Jenis Pekerjaan Orang Tua

 

JENIS PEKERJAAN

AYAH

%

IBU

%

TOTAL %

PNS (Bukan Guru)

20

3,4%

7

1,20%

4,6%

PNS ( Guru)

35

6%

5

0,85%

6,85%

Guru (Non PNS)

5

0,85%

2

0,34%

1,19%

Pegawai Swasta

142

24,39%

30

5,15%

29,54%

Pedagang

124

21,30%

47

8,07%

29,37%

Petani

58

9,96%

58

9,9%

19,86%

Buruh

186

32,04%

55

9,45%

41,49%

TNI/ POLRI

12

2,06%

0

0%

2,06%

Rumah Tangga

0

0%

378

64,84%

64,84

 

 

2). Penghasilan orangtua/wali (gabungan kedua orangtua) siswa

No.

Penghasilan

Prosentase

1.        

Ø   Rp.8.000.000

0%

2.       

Antara Rp.5.000.000,- s.d. Rp.8.000.000,-

0%

3.       

Antara Rp.3.500.000,- s.d. Rp4.900.000,-

15%

4.       

Antara Rp.2.500.000,- s.d. Rp.3.400.000,-

19%

5.       

Antara Rp.1.500.000,- s.d. Rp.2.400.000,-

26%

6.       

< Rp.1.400.000,-

40%

 

 

                                    

        3)  Tingkat Pendidikan orangtua/wali (gabungan kedua orangtua) siswa

No.

Pendidikan

Prosentase

1.   

S3

0%

2.  

S2

1,5%

3.  

S1

5,5%

4.  

SLTA

50%

5.  

SLTP

35%

6.  

SD

8%

 

        4) Tingkat kesejahteraan orangtua/wali siswa

No.

Tingkat kesejahteraan

Prosentase

1

Pra sejahtera

13%

2

Sejahtera I

42%

3

Sejahtera II

30%

4

Purna sejahtera

15%

 

      KUALITAS LAYANAN

  1. Penilaian Kualitas

No.

 

Jenis

Tahun

2014

2015

2016

1

Persentase Kelulusan

100%

100%

100%

2

Rata-rata UN

36,99

37,65

38,55

3

Rata-rata US

37,45

32,17

32,98

4

Rata-rata KKM

75

75

75

 

  1. Hasil Akreditasi

 

 

Standar`

Rating

1

Standar Isi

88

2

Standar Proses

86

3

Standar Kompetensi Lulusan

83

4

Standar Ptk

94

5

Standar Sarana Dan Prasarana

95

6

Standar Pengelolaan

94

7

Standar Pembiayaan

95

8

Standar Penilaian

84

 

Penilaian Akhir

90(A)

 

 

 

Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
Visi dan Misi

  PROFIL  2020                            &nbs

24/06/2021 10:18 - Oleh Administrator - Dilihat 295 kali